banner 728x250

Wisatawan Ikut Berburu Tumpeng Sedekah Bumi di Pantai Gemah

Avatar
Warga berdoa bersama saat tradisi Merti Desa Petarangan di puncak bukit Botorono kawasan lereng gunung Sumbing, Petarangan, Kledung, Temanggung, Jateng, Jumat (26/11/2021). Tradisi merti desa rutin dilaksanakan warga setempat sebagai ungkapan rasa syukur berakhirnya musim tembakau dan permohonan doa kepada Tuhan agar diberi keselamatan dan kesejahteraan. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/hp.
banner 120x600
banner 325x300

Tulungagung, Basiknews,com – Ratusan wisatawan ikut berebut isi tumpeng sedekah bumi yang digelar warga pesisir Pantai Gemah, Desa Keboireng, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Ritual sedekah bumi atau gerebek sura ini diawali dengan tarian tradisional serta ujub atau doa bersama yang dipimpin oleh tokoh masyarakat setempat.

banner 325x300

Selanjutnya, tumpeng raksasa yang berisi aneka sayur mayur dan hasil bumi lainnya, dikirab keliling kawasan pantai Gemah.

Puncaknya gunungan tersebut menjadi rebutan warga. Tidak hanya sayur dan hasil bumi, warga dan wisatawan juga berburu aneka hadiah.

Kepala Desa Keboireng, Supirin mengatakan, tradisi sedekah bumi ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur karena masyarakat pesisir dapat menjalankan aktivitas perekonomian dengan lancar.

“Ritual sedekah bumi sebagai ungkapan rasa syukur warga desa. Semoga dengan ritual ini, masyarakat dijauhkan dari musibah dan bencana, serta roda perekonomian masyarakat semakin membaik dan sektor pariwisata terus tumbuh,” jelas Supirin, Minggu (30/7/2023).

Tradisi tumpeng sedekah bumi juga mampu menjadi daya tarik wisatawan. Terbukti, ratusan pengunjung ikut memeriahkan kegiatan tersebut, sekaligus menikmati indahnya pantai Gemah.

“Wisatawan juga sangat senang, karena mereka bisa mengikuti kegiatan yang bertujuan melestarikan kearifan lokal,” tandas Supirin.

Rencananya, ritual sedekah bumi akan menjadi agenda tahunan warga di kawasan pantai Gemah, Kabupaten Tulungagung.

banner 800x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *