banner 728x250
Umum  

Prodi Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta Selenggarakan DKV Fair 2023

Iwan Gardiawan
banner 120x600
banner 325x300

Prodi Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta Selenggarakan DKV Fair 2023

Pada tgl 2 Oktober 2023 lalu. Prodi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa, Institut Seni Indonesia Yogyakarta menggelar pembukaan DKV Fair 2023.

banner 325x300

DKV Fair 2023 dibuka dan diresmikan oleh Rektor ISI Yogyakarta Dr. Irwandi, M.Sn. dengan dihadiri oleh para mitra, kantor-kantor dinas, dunia industri, juga oleh dosen dan mahasiswa.

DKV fair dirancang sebagai ruang kolaboratif dan partisipatif antara Prodi DKV dengan Para Mitra. Kegiatan ini bisa dikatakan sebagai bentuk “etalase” produk DKV yang telah digunakan oleh para mitra, baik karya-karya dosen maupun mahasiswa. Prodi DKV memiliki banyak sekali karya yang telah digunakan oleh para mitra, dari sekup lokal hingga sekup internasional.

Etalase ini diharapkan dapat membuka jaringan baru, dan menjawab kebutuhan para mitra terkait keilmuan Desain Komunikasi Visual.

Dengan adanya ruang etalase (baca: pameran) diharapkan dapat menghubungkan antara ruang akademik dengan para mitra, baik itu lembaga pemerintah maupun industri. Sehingga apa yang disajikan dalam DKV Fair: Lantas Lintas, dapat memberikan cara pandang sekaligus memberikan inspirasi bagi para mitra terkait perancangan-perancangan karya Desain Komunikasi Visual ke depannya.
Lily Elserisa, M.Sn, selaku PIC Pameran pada DKV fair 2023, menyampaikan kami menyajikan beberapa karya, tidak semua, karena jumlahnya sangat banyak sekali, jadi kami membatasi dan mengkategorisasikan beberapa karya saja, seperti karya dosen, yang digunakan oleh para mitra, seperti Logo UIN Sunan Kalijaga, Logo IAIN Surakarta, Logo Taman Budaya Yogyakarta, dan ada juga Logo Logo Mahakarya Institute Of The Arts Asia, ini hanya beberapa karya saja, jika kita sertakan semua sejak keterlibatan dosen DKV dalam perancangan karya logo Kemdikbud, hingga saat ini, maka akan banyak sekali, jadi kami batasi, termasuk karya terbaik dari mahasiswa dan karya-karya luaran MBKM juga kami batasi, ujarnya.

Dalam pameran DKV fair, Prodi DKV menyajikan karya-karya yang sudah diterapkan oleh mitra, maupun karya akademik (luaran mata kuliah, luaran kegiatan bersama mitra, dan luaran program MBKM yang telah dijalankan).

Selanjutnya dalam rangkaian DKV Fair akan digelar juga beberapa workshop yang dapat diikuti oleh para mitra secara gratis. Workshop ini diharapkan menjadi ruang “transfer keilmuan” baik secara teori maupun praktik. Terdapat tiga jenis workshop yang bisa diikuti oleh para mitra.

Alit Ayu Dewantari, selaku ketua panitia menyampaikan pada DKV Fair, Prodi DKV akan menyiapkan kegiatan workshop yang kami tujukan kepada dinas-dinas, kampus lain, maupun humas-humas perkantoran, dalam workshop ini nanti kita akan memberikan materi seputar bagaimana merancang sebuah media publikasi, media edukasi, maupun media promosi yang baik dan benar sesuai dengan literasinya. Saya kira ini penting untuk kita jalankan, karena sebagai prodi yang banyak berorientasi pada desain komunikasi visual, kami juga perlu untuk transfer keilmuan kepada khalayak”.

DKV fair akan digelar sampai tanggal 6 oktober di gedung sasana Ajiyasa, FSR, ISI Yogyakarta, pameran di gelar di lantai dua dengan menyajikan karya cetak juga karya audio visual, pengunjung dapat menikmati karya visual book, poster, concept art, komik, logo, juga dapat menikmati karya-karya audio visual melalui monitor yang telah disediakan. Pengunjung dapat menyaksikan karya terkait UMKM, Kesehatan, Pendidikan, Budaya dan Pariwisata.

Dalam DKV fair, prodi DKV mengundang dinas-dinas yang berada di wilayah provinsi yogyakarta untuk turut hadir dengan harapan dapat membuka peluang kolaborasi kedepannya, baik dalam pameran maupun dalam workshop-workshop yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-5 Oktober 2023, Workshop-workshop tersebut di antaranya Workshop Perancangan Media Publikasi, Edukasi dan Promosi Workshop ini ditujukan kepada para humas perkantoran, baik lembaga pemerintah maupun swasta yang ada di provinsi D.I Yogyakarta.

Peserta workshop akan mendapatkan materi seputar teori dan praktik dalam hal perancangan Media Publikasi, Edukasi, dan promosi secara gratis, selain itu DKV fair juga menghadirkan Workshop Pop Up. Workshop Ini ditujukan kepada siswa/siswi SMA/SMK dan guru-guru yang nantinya dapat digunakan sebagai media strategi pembelajaran maupun sebagai media-media yang lain.

Pada hari pertama gelaran DKV fair, panitia melangsungkan Sharing Session bersama alumni DKV ISI Yogyakarta. Ngobrol santai membahas “Desain dalam Ekosistem Seni.” Acara berlangsung meriah dengan dihadiri oleh empat orang pembicara yang sudah malang melintang di dunia desain seperti Fredy Chandra (Direktur Mizuma Gallery Singapore) Arsita Pinandita (Dosen ITT Telkom Purwokerto) Gilang Kusuma W (Founder Lepaskendali Labs Yogyakarta) dan Yohanes Catur N (Founder Lepaskendali Labs Yogyakarta) acara ini menjadi forum yang menarik, karena keempat narasumber merupakan alumni dari prodi DKV ISI Yogyakarta, sehingga sharing session tersebut diharapkan dapat membuka persepektif mahasiswa DKV dan juga membuka jejaring bersama alumni.

banner 800x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *