banner 728x250

Mardiono Jawab Isu Jokowi Terkejut PPP Cepat Deklarasikan Dukungan ke Ganjar

Avatar
Plt. Ketum Partai Persatuan Pembangunan Muhamad mardiono menjawab seputar isu politik saat menjawab berbagai pertanyaan di Podcast Kumparan beberapa waktu lalu.
banner 120x600
banner 325x300

Jakarta, Basiknews.com – Plt Ketua Umum PPP, Muhammad Mardiono, buka suara soal isu Presiden Jokowi terkejut saat ia meminta izin untuk mendukung capres PDIP, Ganjar Pranowo, di Pilpres 2024. Menurut Mardiono, Jokowi mungkin terkejut karena PPP begitu cepat mengumumkan dukungannya.

“[Kalau] itu menjadikan Presiden terkejut, saya pikir enggak ya. Kemudian kalau sisi terkejut, dari cepatnya PPP mengambil sikap, mungkin. Jadi keterkejutan Presiden Jokowi itu adalah karena cepatnya PPP mengambil keputusan,” kata Mardiono dalam talkshow kumparan, Info A1, yang tayang Selasa (3/10) malam.
PDIP baru mendeklarasikan Ganjar pada 21 April 2023, atau bertepatan dengan Hari Kartini serta Idul Fitri 2023. Setelah itu, selang lima hari kemudian, PPP mendeklarasikan Ganjar sebagai capres mereka.
Mardiono menjelaskan, sebagai partai koalisi pemerintah, PPP memang harus melaporkan kepada Jokowi soal dukungan mereka di pilpres selanjutnya. Ia juga menyebut, kewajiban itu adalah bagian dari amanah yang disampaikan oleh Rapimnas PPP.
“Ketika ada perjamuan enam partai politik di Istana untuk dijamu makan malam dengan Pak Presiden, saya menyampaikan, ‘Pak Presiden saya mohon izin saya diberi amanah oleh Rapimnas, ada empat syarat untuk bisa mencalonkan Pak Ganjar, di dalamnya termasuk kami harus melapor kepada Bapak Presiden’,” kata Mardiono.
Saat itu Mardiono belum menyanggupi karena ada beberapa kiai yang tinggal di luar Jakarta. Sehingga deklarasi dukungan Ganjar kemudian dilakukan lusanya, atau pada 26 April 2023, tepat lima hari setelah Idul Fitri 2023.
“Lalu saya diterima di Istana untuk melaporkan perihal keputusan. Saya sampaikan bahwa kami sebagai partai yang berkoalisi dengan pemerintah, ya kami harus menyampaikan putusan-putusan arah politik kami yang ada kaitannya dengan persoalan pemilu presiden dan wakil presiden,” tutupnya.

banner 800x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *