banner 728x250

Bank DBS Indonesia Luncurkan Kartu Debit DBS Visa Contactless

Avatar
banner 120x600
banner 325x300

Jakarta, Basiknews.com – Bank DBS Indonesia meluncurkan fitur contactless untuk kartu debit DBS Visa. Melalui fitur ini, nasabah cukup menempelkan (tap) kartu debitnya ke mesin Electronic Data Capture (EDC) tanpa perlu memasukkan kartu dan Personal Identification Number (PIN). Hal ini memungkinkan nasabah untuk menikmati proses transaksi yang lebih mudah dan efisien. Berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes 2022 yang dilakukan oleh Visa, pembayaran dengan kartu contactless semakin sering dilakukan di Asia Tenggara dan melonjak 38 persen pada tahun 2020.

Studi ini menjelaskan bahwa lebih dari tiga dari lima konsumen di Asia Tenggara (63 persen) melaporkan peningkatan signifikan dalam penggunaan pembayaran contactless selama masa pandemi COVID-19, terutama di Indonesia (69 persen), Filipina (69 persen), dan Malaysia (68 persen). Hal ini disertai dengan kesadaran (awareness) masyarakat Indonesia akan kartu contactless yang mencapai 69 persen serta ketertarikan (interest) untuk menggunakan sebesar 75 persen. Seiring dengan pertumbuhan ini, Bank DBS Indonesia menghadirkan kartu debit DBS Visa contactless yang tidak hanya menyederhanakan proses transaksi, namun juga meningkatkan keamanan dalam pembayaran.

banner 325x300

Direktur Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengatakan, “Dengan kartu debit DBS Visa contactless, kini nasabah dapat melakukan transaksi hingga Rp1.000.000 per hari hanya dengan satu kali tap. Kehadiran produk ini merupakan wujud komitmen kami dalam memberikan pengalaman perbankan yang menyenangkan (joyful banking experience) dan aman bagi nasabah sekaligus menggarisbawahi kesungguhan Bank DBS Indonesia dalam menyediakan layanan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk menjadi ‘More like an innovator, less like a bank’.”

Dari segi keamanan bertransaksi, kartu debit DBS Visa contactless membantu mengurangi risiko
peretasan atau pencurian data pada saat transaksi karena nasabah hanya perlu menempelkan kartu debitnya pada mesin EDC tanpa perlu memindahkan tangankan kartu ke orang lain dan memasukkan PIN. Transaksi pun hanya dapat dilakukan apabila kartu berada dalam jarak sekitar 2.5-5 cm dari mesin EDC untuk mencegah informasi dibaca oleh pihak lain. Selain itu, batas transaksi sebesar Rp1.000.000 per hari dapat memitigasi risiko yang terkait dengan penggunaan kartu tanpa izin. Transaksi contactless saat ini hanya dapat dilakukan di luar negeri, namun kartu debit DBS Visa contactless tetap dapat digunakan di Indonesia dengan memasukkan kartu ke mesin EDC.

Tidak hanya itu, kartu debit DBS Visa ini juga hadir dengan desain vertikal yang baru sehingga terlihat lebih elegan sekaligus lebih mudah terlihat di dompet. Desainnya yang menarik tidak hanya sekadar menambah nilai estetika, melainkan juga memudahkan nasabah dalam melakukan tap pada transaksi contactless.

Nasabah dapat mengganti kartu debit lama yang masih berlaku dengan kartu debit DBS Visa contactless dengan biaya penggantian sebesar Rp50.000 untuk nasabah digibank by DBS dan bebas pungutan biaya untuk nasabah DBS Treasures dan DBS Treasures Private Client.
“Saat ini, mungkin ada nasabah yang memiliki kekhawatiran bahwa mereka tidak mengingat PIN-nya atau cemas akan berbagai modus penipuan yang sering terjadi. Kami percaya dengan adanya kartu debit DBS Visa contactless, hal ini dapat meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diinginkan dan masyarakat pun tidak perlu dirumitkan lagi dengan urusan perbankan, selaras dengan prinsip ‘Live more, Bank less’ yang kami usung,” tutup Direktur Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung.

banner 800x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *